Rabu, 27 Mei 2015

Tips Mempersiapkan Biaya Melahirkan

Terkadang pasangan suami istri seringkali sepakat untuk menunda kehamilan, hal ini dikarenakan belum siap secara fisik, mental dan juga finansial. Idealnya pasangan telah bersepakat dalam pengelolaan keuangan bersama sejak awal pernikahan mengenai masalah persalinan dan kehamilan sehingga dana yang dimaksud untuk biaya pemeriksaan hingga pasca bersalin. Dana kehamilan hingga pasca persalinan penting untuk dipersiapkan selain sulitnya memprediksi kesehatan ibu dan janin hingga harus mempersiapkan biaya tidak terduga, salah satunya adalah ketika anda akan mempersiapkan persalinan dengan alamiah tiba-tiba dikarenakan kondisi janin yang tidak mendukung persalinan alami maka harus dilakukan dengan operasi caesar dengan biaya yang tidak sedikit. Tidak saja masalah persalinan melainkan pemeriksaan lanjutanpun terkadang harus dilakukan apalagi ketika anda diperiksa mengalami masalah pada kehamilan. Dengan demikian dana yang sudah di tabung sejak awal akan membantu anda dalam pemeriksaan kesehatan.

 Selain kesiapan fisik dan mental, biaya persalinan juga harus menjadi perhatian utama dalam menyambut kehadiran Si Kecil. Berikut trik untuk menyiapkan biaya persalinan yang diberikan Financial Planner & Investment Advisor MRE Financial & Business Advisory:

1. Biaya persalinan sebaiknya dipersiapkan segera setelah Anda dinyatakan hamil. Anda bisa memulainya dengan melakukan survei biaya persalinan di rumah sakit yang diminati. Perlu diingat bahwa biaya persalinan dipengaruhi oleh tindakan-tindakan yang diambil dokter kandungan dan Anda pun harus mempersiapkan hal itu.


2. Tanyakan secara jelas mengenai fasilitas penggantian biaya persalinan lewat asuransi. Cari tahu berapa dana penggantiannya atau kelas perawatan yang bisa digunakan, juga prosedur klaim dan lampiran dokumen yang diperlukan agar tidak kerepotan nantinya.

3. Untuk menghemat dana, Anda bisa melakukan proses persalinan dan kontrol kehamilan di tempat yang berbeda. Misalnya, Anda menggunakan jasa bidan untuk mengontrol kehamilan, namun saat persalinan dengan dokter kandungan.

4. Saat menyiapkan biaya persalinan, Anda memiliki waktu terbatas, yakni maksimal 9 bulan. Untuk itu, sebaiknya simpan dana tersebut dalam bentuk tabungan atau deposito saja. Apabila ada dana berlebih, Anda tetap harus menghematnya untuk biaya perawatan setelah bersalin.

5. Apabila dana Anda terbatas, jangan tergiur untuk membeli perlengkapan bayi yang memerlukan biaya besar. Beli perlengkapan yang benar-benar dibutuhkan, seperti pakaian dengan jumlah secukupnya saja. Sementara untuk kebutuhan lain, seperti stroller, boks bayi, atau mainan, Anda bisa meminjam atau menyewa.

6. Siapkan biaya tak terduga. Hal ini dibutuhkan agar proses pengambilan keputusan dalam proses persalinan tidak terhalangi oleh faktor finansial. Anda pun dapat mengajukan pinjaman lunak dari jauh hari kepada keluarga atau perusahaan untuk berjaga-jaga.

Mau Konsultasi Keuangan? Sila Kunjungi www.mre.co.id/tentang-mitra-rencana-edukasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar